Sabtu, 15 Oktober 2011

Cara mengatasi ketika pasangan anda merajuk


Bila hubungan cinta retak menunggu belah

Ibarat rumput ilalang yang tertiup angin ia akan bergoyang meskipun angin  berhembus perlahan ia akan tetap bergoyang. Begitulah jiwa seseorang yang sedang memadu cinta. Sangat sensitif dan penuh perasaan terhadap perkara-perkara yang kecilpun sering dijadikan urusan yang berkepanjangan. Terkadang berminggu-minggu tidak bertegur sapa bahkan ada yang tanpa pikir panjang langsung memutuskan ikatan cintannya. Disebabkan perasaan yang sensitif inilah hati mudah tergores, goresaannya mampu melukai seluruh jiwa bahkan membunuh. Bukan sedikit jumlahnya orang-orang yang frustasi karena cinta akhirnya nekat gantung diri. Oleh karena itu sebelum masalah berubah menjadi rumit ada baiknya mengantisipasi terlebih dahulu. Benar kata orang “mencegah itu lebih baik daripada mengobati”.

Katika hubungan anda dengan si dia mulai merenggang jangan birakan kesenjangan itu semakin melebar gunakan trik dalam mengatasi hal ini agar orang yang anda sayangi masih tetap berada di samping. Bagaimana cara mengatasi ketika si dia merajuk?. Jangan biarkan retak menunggu belah cepat ambil tindakan gunakan pkirian dan perasaan yang sehat. Kesampingkan ego bersikaplah lebih dewasa.  

Mengapa pasangan anda merajuk?

Ada asap ada api, secara logisnya tidak mungkin sesuatu itu terjadi jika tiada penyebabnya oleh karena itu anda harus tau apa yang menyebabkan pasangan anda bersikap tidak biasanya. Cari tau kenapa si dia ngambek?
Ada beberapa penyebab yang mungkin anda menganggapnya biasa sementara bagi si dia perkara itu tidak biasa sehingga ia merasa berat utuk menerima sikap anda tersebut. Sementara itu anda sendiri tidak sadar kalau perbuatan anda menyebabakan pasangan anda terluka. Perkara-perkara kecil yang seringkali membawa bencana dalam membina hubungan tanpa disadari:

Teman. Lawan jenis yang rapat dengan anda seperti teman atau kenalan perlu anda jelaskan sejelas-jelasnya dengan pasangan anda sehingga ia tidak menaruh rasa cemburu. Walaupun anda menganggap hubungan dengan teman hanyalah sebatas teman, tidak lebih dari itu. Tapi bagi pasangan anda yang tidak menerima sikap anda tersebut akan membuat ia merasa kecewa. Sehingga dari masalah yang kecil tersebut pasangan anda mulai mencari alasan untuk membalas sakit hati persaannya yang anda abaikan itu. Oleh karena itu jika pasangan bersikap menyakiti anda itu adalah massage yang hendak ia sampaikan terhadap sikap anda yang tidak ia sukai.

Tidak sefaham. Persefahaman ini sangat penting dalam menuntun hubungan kasih sayang. Roda tidak akan bergerak melaju kedepan jika roda yang satunya berjalan ke belakang sementara yang  lainnya ke depan. Bagaimana anda akan berjalan bergandengan tangan jika jalan yang dilalui tidak seiring. Oleh karena itu membentuk kesefahaman ini bukanlah hal yang mudah perlu adanya sikap toleransi yang tinggi. Dengan demikian kenalilah pasangan anda dengan sekenal-kenalnya sehingga anda benar-benar tahu apa kesukaannya dan apa perkara yang dibencihinya. Setelah mengetahui hal ini anda dapat bersikap cenderung kepada apa yang membuat hatinya gembira. Dan juga anda bisa memaklumi denga sikap pasangan yang kurang berkenan karena anda telah mengetahuinya terlebih dahulu. Terkadang buah hati anda merajuk dengan sebab anda tidak dapat memahaminya. Alasan seperti ini sering kali terngiang di telingga bahkan terhadap mereka yang telah berumah tangga sekian lama tetapi belum dapat untuk saling memahami.

Kenapa hal ini terjadi?

Mungkin anda sudah merasa berbuat yang terbaik untuk si dia tapi pasangan anda merasa belum cukup dengan kebaikan anda tersebut disebabkan anda tidak berbuat seperti apa yang ia sukai.

Tarik perhatian. Kenali pasangan anda mungkin tips seseorang yang suka cari pandang curi perhatian. Adakalahnya pasangan anda melakukan sesuatu yang membuat hati anda tidak nyaman disebabkan ingin perhatian dari anda. Mungkin anda terlalu sibuk dengan kerjaan atau mengurus hal-hal lain sehingga si dia merasa kehadirannya bukanlah yang bermakna dalam hidup anda. Apabila hal ini terjadi jangan disikapi dengan amarah, mencaci maki atau berbuat kasar padanya. Cari tau apa yang ia inginkan sebenarnya. Jika anda bersikap kasar dalam menyelesaikan hal ini besar kemungkinan pasangan anda akan merasa kecewa dengan sikap anda. Pada akhirnya ia mencari tempat berbagi kelain hati, mencari orang yang mampu medengar bisikan batinya. Mungkin anda menganggap masalah ini sepele tapi sebenarnya dari perkara kecil ini meneybabkan tidak sedikit berakhirnya jalinan cinta.

Cara efektif membujuk buah hati yang merajuk

Ketika pasangan anda merajuk tidak semestinya anda kawin tiga atau berusaha mencari pelampiasan bagi membalas kekecewaan anda terhadap pasangan. Dalam berhadapan dengan persoalan ini hendaklah berotak dingin. Perlunya kemahiran dalam memahami seni mengatasi si perajuk agar api yang menyala tidak berkobar. Keluesan sikap anda dalam memecah persolan ini hendaklah perlu dikedepankan.

Bagimana membujuk si perajuk?

Terangkan perkara sebenar. Berterus terang adalah perkara penting dalam membina hubungan. Ketika anda lihat si dia berksikap ‘lain’ kepada anda. Anda harus mencari tau sebab kenapa ia bersikap demikian gunakan pendekatan seperti bertanya dengan pasangan anda. Atau jika dia tetap membisu tanyakan kepada orang yang dekat mungkin ia lebih tau kenapa pasangan anda bersikap demikian. Setelah anda mengetahui duduk permasalahan yang sebenar, jelaskan dengan si dia sehingga ia faham kenapa anda berbuat demikian. Setelah itu akui kesalahan anda, jika anda salah berjanjilah dengan si dia untuk tidak mengulanginya lagi dan meminta maaf.

Silang pendapat. Bila pasangan anda merajuk dengan sebab silang pendapat dalam hal ini anda harus menjelaskan kenapa anda memilih jalan seperti itu. Kemudian anda juga harus mendengar alasan dari pasangan anda dengan sebab kenapa ia berpendapat demikian. Setelah itu terangkan apa kebaikan dan kekurangan pendapat anda tersebut lantas jelaskan juga mengenai kelemahan dan kelebihan pendapat si dia. Jika sudah mengetahui dengan jelas kekurangan dan kelebihan dua pendapat yang saling berbenturan tersebut maka hendaklah memilih mana kiranya pendapat yang paling sesuai. Mungkin pendapat anda ketika itu tidak begitu diterima dalam hal ini anda harus menerimanya dengan berlapang dada.

Kata-kata Indah. Sewaktu pasangan anda menunjukkan sikap kurang harmonis kelihatan tidak bahagia dan merasa terbeban perasaan apa lagi sampai ia merasa hampa ketika berada si samping anda. Berbicaralah dengan si dia, gunakakan perkataan yang menghibur  hatinya. Ucapkanlah kata-kata indah seperti “aku selalu menyayangimu, “kamu begitu berarti dalam hidupku” atau mengucapkan terima kasih dan memujinya. Jika pasangan anda kurang begitu menyukia cara romantis yang terkesan kaku baginya anda juga bisa mengguankan cara yang lebih fleksibel. Seperti “coba terangkanlah apa yang harus saya lakukan sehingga kamu terus mencintaiku”, “beri taulah aku mengenai sesuatu yang membuat kamu tidak bahagia ketika bersamaku”.

Ucapan yang baik nan idah bentuk manifestasi perasaan dan ketulusan hati dalam mencintai ia ibaratkan pepohonan yang rindang akarnya menjunam ke bumi sementara dahan-dahanya menjulang ke langit. Bunga-bunganya bermekaran menebar aroma wewangian laksana harumnya surga yang membuat kumbang-kumbang datang berhampiran. Meskipun cara seperti ini bukan perkara berat tapi banyak yang keberatan melakukannya. Padahal tumbuh dan berkembangnya cinta itu dari bisikan-bisikan hati. Bukankah ketika anda meluahkan isi hati anda saat mengatakan bahwa kamu mencitainya dengan perkataan. Jadi perkataan yang indah dapat membuat sang raja mejadi terlena. Membuat alam jadi terasa. Menjadikan sepi dapat terisi. Mencairkan hati yang beku. Meyirami kesejukan ketika hati menjadi mati.
                     
Penutup

Demikianlah kilasan singkat di atas semoga dapat memberi mamfaat dan membantu dalam mengatasi permasalan yang ada demi tercapainya hubungan yang harmonis. Tulisan di atas bukan semata-mata rekayasa penulis melainkan merujuk kepada buku-buku dan sumer-sumber yang terpercaya. Oleh karena itu tidak diragukan lagi tentang keabsahan teknik-teknik yang disajikan, besar harpan semoga ia dapat bermamfaat. wasalam.

                                                     
                                                                                   ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar